: Tips Membuat Lamaran Pekerjaan :
--------------------------------------------------------------------------------
Tips Membuat Lamaran Kerja
Hal pertama yang dilakukan pada saat melamar pekerjaan adalah mengirimkan surat
lamaran, yang dapat dikirimkan entah melalui pos, faksimili atau email. Surat
lamaran seharusnya memiliki hal-hal seperti, cover letter yang menarik minat
calon atasan dan memuar kualifikasi/prestasi yang pernah diraih dengan bahasa
yang enak dibaca ringkas dan jelas. Karena surat lamaran yang Anda buat akan
terlihat berapa besar potensi yang Anda miliki. Selain itu ada beberapa tips
melamar pekerjaan yang berkaitan dengan cara penulisan surat yang bisa Anda
coba:
- Lamar pekerjaan dengan kualifikasi yang Anda minati dan yakin Anda mampu
melaksanakannya, serta kualifikasi yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan
pihak perusahaan pembuka lowongan kerja.
- Buatlah surat lamaran yang terkesan individual atau secara khusus dibuat
untuk perusahaan yang dimaksud. Jangan membuat surat lamaran yang sudah
diformat secara standar atau menjiplak mentah-mentah dari buku. Bahasa
(Indonesia/Inggris) yang ditulis pada surat lamaran bisa tergantung dari bahasa
yang digunakan pada iklan lowongan yang Anda baca atau permintaan dari si
pembuka lowongan kerja.
- Usahakan surat tersebut singkar, faktual dan menarik dengan bahasa yang
jelas, rapi (tidak ada kesalahan dalam ejaan dan tata bahasa) dan bersih (tidak
ada coretan/berkas koreksi/sebaiknya ketik ulang kembali), karena surat tak
hanya berfungsi sebagai duta bagi pengirimnya, tapi harus mampu menarik
perhatian si penerima secara efektif.
- Kalau bisa, tujukan surat lamaran kepada yang bersangkutan (tuliskan nama dan
jabatan yang spesifik).
- Surat lamaran maksimal 1 (satu) halaman, dengan susunan isi yang
berkesinambungan. Batasi baris kalimat dalam setiap paragraf yang tidak lebih
dari 6-7 barus. Selain terlihat rapi, pembacanya kelak tidak terlalu lelah
membacanya. Tidak ada salahnya mencoba menulis surat lamaran berulang-ulang
sampai Anda rasa sudah cukup sempurna.
- Resume/CV sebaiknya berisi detil tentang diri Anda yang mencakup: data
pribadi, latar belakang pendidikan, keahlihan dan kualifikasi yang dimiliki,
riwayat pengalaman kerja, aktivitas (mis: organisasi), serta prestasi yang
pernah diraih. Sebaiknya penulisan riwayat hidup dimulai dari yang terbaru dan
mundur ke belakang. Bila Anda belum pernah bekerja, CV dibatasi satu halaman
saja.
- Ciri resume/CV yang baik adalah: rapi, simpel, jujur dan akurat. Disusun
sedekimian rupa agar penyampaian informasi menjadi menarik dan mudah dibaca.
Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa/grammar, kata yang diulang-ulang atau
kesalahan yang lain. Kadang satu kesalahan dalam ejaan dapat menyebabkan Anda
kehilangan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan.
- Tidak ada salahnya jika Anda menyebut beberapa orang yang dapat memberikan
referensi tentang Anda. Referensi bisa berasal dari dosen Anda saat kuliah dulu
atau mantan bos. Tapi jangan sampai merujuk referensi dari orang yang sudah
bertahun-tahun tidak Anda jumpai.
- Untuk pengiriman surat lamaran via faksimili cukup kirimkan cover letter
serta Resume/CV Anda (maksimal 3 lembar). Biasanya kelengkapan aplikasi lamaran
akan diminta pada saat panggilan untuk wawancara.
- Catatlah nama-nama perusahaan yang pernah Anda kirimkan lamaran, agar Anda
tidak melupakannya.
Download
http://www.geocities.com/thejacksmash/tips-sukses-mencari-pekerjaan.zip